Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Nov 8, 2008

MENILAI BERLIAN

nur aynora
Berlian, benda ini memang “briliant”, suatu jumlah besaran nilai akan mematuhi nominal yang dicantum untuk menukarkan benda ini. Untuk menyepakati dalam melakukan pertukaran dengan benda istimewa ini tentunya butuh suatu standarisasi. Standarisasi yang membuat berlian menjadi, lagi-lagi “brilian”. Standarisasi penilaian yang dapat menyematkan sebuah kata “sempurna” pada sebuah berlian.

Standarisasi ini telah disepakati bersama dalam menentukan sebuah nilai dari benda bernama berlian. Berlian memang membutuhkan berbagai perlakuan khusus, begitu juga dengan nilai perhitungannya. Nilai perhitungannya bukan hanya dari berat (carat), melainkan juga dari kejernihannya (clarity), pembentukan melalui pemotongannya (cut), dan tentunya saja warnanya (colors).

Beberapa faktor ini memang memberikan beberapa penilaian akan sebuah arti dari berlian itu sendiri. Bila kita berbicara tentang sebuah berlian, maka kita akan menemukan sebuah nominal yang disematkan kepadanya bernama harga. Nominal dari harga ini nilainya berbanding lurus dengan sebuah kualitas berlian. Dimana kualitas yang dimaksud tersebut adalah sesuai standarisasi yang telah disebutkan sebelumnya.

Seperti semakin jernih suatu berlian, semakin mahal harga yang akan ditawarkan. Begitu juga semakin sempurna suatu pemotongan bentuk berlian, semakin lebih nilai harga yang dicantumkan. Juga warna yang semakin menarik tentunya memancing suatu keindahan dimana sudah barang tentu memicu sebuah kenaikan akan nominal harga berlian tersebut.

Begitu juga untuk menentukan harga berlian, dimana dapat dilihat dari kesesuaian dengan faktor 4 Cs, misalnya : 1,5 Carats, VS2 Clarity, F Color, dan Excellent Cut. Berlian yang paling baik (tulen) di dunia perdagangan internasional, harus sesuai dengan penilaian 4 Cs yang telah dimaksudkan sebelumnya.

Memang cukup berpengaruh bukan? Untuk sebab itu kita perlu mengetahui berbagai macam faktor yang penting ini. Kami akan coba jabarkan secara bahasa yang mudah dipahami, dalam mengenali berbagai faktor ini. Mulai dari kejernihan hingga ketiga unsur yang lain, dimana akan coba kami jabarkan secara gamlang dan dapat mudah dipahami.

4 Cs adalah acuan baku yang dijadikan pedoman bagi para penjual maupun pengrajin berlian. Layak suatu penilaian yang special untuk benda yang menakjubkan. Seperti julukan fantastic four bagi pahlawan animasi yang mempunyai suatu kemampuan yang super. Dimana bila ada suatu berlian yang menampilkan performa dengan kelengkapan standarisasi 4 Cs, dapat dikatakan berlian super atau sempurna.

Penamaan dari suatu pertimbangan penilaian ini bukan hanya mudah dikenali, melainkan juga sudah diakui oleh seluruh masyarakat luas. Perbandingan sebuah kualitas yang jelas dari aturan standarisasi ini, membuat kehadirannya tak terelakan dalam penilaian sebuah kualitas berlian.

nur aynora / Author & Editor

Mykarya.com adalah blog perkongsian e-novel, cerita korea dan drama melayu.

0 comments:

Post a Comment

TINGGALKAN KOMEN ANDA:

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates